Pages

Senin, 05 Maret 2012

Besaran dan Satuan


Besaran dalam fisika diartikan sebagai sesuatu yang dapat diukur, serta memiliki nilai besaran (besar) dan satuan. Sedangkan satuan adalahsesuatu yang dapat digunakan sebagai pembanding dalam pengukuran. Satuan Internasional (SI) merupakan satuan hasil konferensi para ilmuwan di Paris, yang membahas tentang berat dan ukuran. Berdasarkan satuannya besaran dibedakan menjadi dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Selain itu, berdasarkan
ada tidaknya arah, besaran juga dikelompokkan menjadi dua, yaitu besaran skalar dan besaran vektor.

a.       Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang digunakan sebagai dasar untuk menetapkan besaran yang lain. Satuan besaran pokok disebut satuan pokok dan telah ditetapkan terlebih dahulu berdasarkan kesepakatan para ilmuwan. Besaran pokok bersifat bebas, artinya tidak bergantung pada besaran pokok yang lain.
Berikut besaran pokok yang telah disepakati para ilmuwan

Besaran Pokok
Satuan
Lambang Satuan
Panjang
Meter
m
Massa
Kilogram
Kg
Waktu
Sekon (detik)
s
Arus listrik
Ampere
A
Suhu
Kelvin
K
Intensitas cahaya
Kandela
cd
Jumlah zat
mole
mol

b.  Besaran turunan
Besaran turunan adalah besaran yang dapat diturunkan dari besaran pokok. Satuan besaran turunan disebut satuan turunan dan diperoleh dengan mengabungkan beberapa satuan besaran pokok. Berikut merupakan beberapa contoh besaran turunan beserta satuannya.

Besaran Turunan
Lambang satuan
Luas
kecepatan
percepatan
gaya
tekanan
usaha
c.       Dimensi

Dalam Fisika, ada tujuh besaran pokok yang berdimensi dan dua besaran pokok tambahan yang tidak berdimensi. Semua besaran dapat ditemukan dimensinya. Jika dimensi sebuah besaran diketahui, dengan mudah dapat diketahui pula jenis besaran tersebut. Tujuh besaran pokok yang berdimensi dapat Anda lihat pada tabel berikut ini.


Besaran Pokok
Dimensi
Panjang
[L]
Massa
[M]
Waktu
[T]
Arus listrik
[I]
Suhu
[]
Intensitas cahaya
[J]
Jumlah zat
[N]

0 komentar:

Poskan Komentar